3 Oktober 2011

PHP Connex ORACLE


WUIHHH.....akhirnya bisa juga setelah sekian hari gw bertapa mencari jalan - jalan yang terang dan akhirnya berhasil juga buat mencoblangkan php dan oracle. disini gw pake bahasa pemograman php framework php versi codeigniter. ok... langusng aj biar lw pada g bosen gw ngoceh.....cekidot.
nh hasil dari interview saya dengan sahabat gw yang sekarang sudah jadi dosen tapi gw msih gini-gini aj (curhat...hahah).
- langkah pertama lw kudu instal webserver dulu, disni gw pake xampp-win32-1.7.2.
- masuk kedirektori instalan xamp dan cari file php.ini ( lokasi php.ini terdapat di C:\xampp\php\php.ini).
- lalu buka file php.ini dan aktifkan oci 8 (oci8 adalah untuk mengatifkan oracle) dengan cara hilangkan semicolon/titik koma (;)pada tulisan yang ada oci8nya yang terdapat di php.ini.
contoh ;extension=php_oci8.dll menjadi extension=php_oci8.dll
- Buka file database.php pada system/application/config pada folder CI anda, kemudian ubah konfigurasinya menjadi :
$db['default']['hostname'] = "//127.0.0.1/XE";
$db['default']['username'] = "hr";
$db['default']['password'] = "hr";
$db['default']['database'] = "";
$db['default']['dbdriver'] = "oci8";

1 komentar:

  1. saya pake waebserver wammp trus edit php.ini dimna jonk....??

    BalasHapus