15 Mei 2012

jQuery itu Cantik?

Suatu malam yang indah saya bertemu dengan seseorang dikotabesar, setelah sekian bulan tidak bertemu ada yang berbeda dengan dirinya. Terus apa hubungannya dengan judul postingan ini...??? (gerrrr...) ok..ok.. sorrrry ane terlalu mendalami situasi itu..hehe. Sebenarnya ada hubungannya, setelah pertemuan itu ane serasa mendapatkan energy baru untuk mengajar dan hari-hari itu selalu ada pertanyaan dari peserta terkait dengan website "bagaimana membuat website kita bagus dan menarik agar pengunjung menikmati browsingnya diwebsite kita". Dalam bayangan ane pada waktu itu bukan soal website tapi langsung kecetus kata-kata "buat dia cantik dihati kamu". ok..ok langsung aja nanti malah jadi telenovela ...heheh jadi intinya buatlah website secantik hatimu dengan jQuery.
Sebenarnya tidak hanya sekedar jQuery tapi juga Css berperan penting juga, tapi pada kesempatan ini ane mau bahas jquery pada pemula.

Apa itu jQuery? jQuery adalah javascript Library / kumpulan kode atau fungsi javascript siap pakai, biar mudah dan cepat dalam kita membuat javascript.
Jadi initinya jquery itu untuk menyederhanakan kode javascript. seperti sloganya "write less, do more" (cukup tulis sedikit, tapi bisa melakukan banyak hal ).

Berikut kemampuan jQuery:
1. Mempermudah akses dan manipulasi elemen tertentu pada dokumen.
    Biasanya diperlukan baris program yang cukup panjang untuk mengakses suatu elemen dokumen. Namun, jQuery dapat melakukannya hanya dalam beberapa baris program saja, karena jQuery mempunyai selector yang sangat efisien untuk mengakses suatu elemen tertentu pada dokumen yang selanjutnya bisa dimanupulasi sesuai dengan keinginan kita.

2. Mempermudah modifikasi atau perubahan tampilan halaman web.
    Biasanya untuk memodifikasi tampilan halaman web digunakan CSS. Permasalahanya, CSS sangat dipengaruhi oleh web browser yang digunakan, sehingga sering terjadi halaman web yang dibuat sudah rapi dan bagus tampilanya dibrowsur mozila, namun ketika ditampilkan di opera menjadi berantakan. Namun jQuery dapat menyesuaikan style CSS pada semua Browsur, sehingga permasalahan tersebut dapat dihindari.

3.Mempersingkat Ajax (Asynchronous javascript and XML )
   kemampuan favorit dari Ajax adalah mampu mengambil informasi dari server tanpa melakukan refesh pada halaman web, artinya halaman web terlihat berganti secara otomatis. Apabila kita menuliskan kode Ajax secara manual, biasanya diperlukan baris yang cukup panjang, nam.un jQuery dapat mempersingkatnya menggunakan Ajax call, perbandinganya 25 baris kode Ajax dapat disingkat menjadi 5 baris kode saja jika menggunakan jQuery.

4. Memiliki API ( Aplication Programming Interface).
    jQuery dapat memanipulasi content pada suatu halaman web, seperti perubahan teks, manipulasi gambar (resize,rotate,crop), penyusupan daftar(list), pengurutan list, paging, dan lain-lain.

5. Mampu merespon interaksi antara user dengan halaman web dengan lebih cepat.

6. Menyediakan fasilitas mudah untuk membuat animasi sekelas flash.

Dwonload jQuery link

2 komentar: